Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

7 Cara / Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

7 Cara atau Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat – Di zaman modern kuliah sangat penting, karena yang dicari perusahaan besar hanyalah lulusan terbaik dari universitas terbaik dengan nilai IPK yang tinggi, persyaratan ini tentunya sangat memberatkan tapi mau tidak mau, semua orang harus memenuhinya bila ingin memiliki pekerjaan yang mapan di masa depan, jadi ketika Anda memiliki kesempatan untuk memilih jurusan kuliah, pilih jurusan dengan benar, setelah pemikiran yang panjang.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Ikuti tips memilih jurusan kuliah yang tepat dan cepat berikut ini, agar kamu bisa mempertimbangkannya sebelum masuk ke perguruan tinggi/universitas.

Minat

Saat ini banyak orang yang keliru mengambil jurusan kuliahnya, jadi ketika sudah memasuki gerbang perkuliahan, melewati masa ospek yang panjang, bukannya bisa kuliah dengan nyaman dan damai namun merasa sangat tidak senang, bahkan beberapa orang mengakui jika mereka tertekan. Tekanan demi tekanan ini bisa saja dialami ketika Anda memilih jurusan yang keliru yang tidak sesuai dengan minat Anda, coba Anda bayangkan jika seorang penulis kuliah di jurusan teknik, atau penyanyi yang mengambil arsitektur, minat dan jurusan kuliah yang sangat berbeda jalurnya, mungkin mereka bisa menyelesaikan bangku kuliah, namun jangka waktunya sangatlah panjang, penuh tekanan dan sangat berliku, terlebih tidak ada minat atau ketertarikan sama sekali di jurusannya itu.

Cita Cita

Saat ini kuliah menjadi salah satu kebutuhan, tanpa pendidikan yang tinggi jalan menuju masa depan yang cerah seakan hanya mimpi belaka, namun bila jurusan kuliah yang diambil salah sama saja Anda telah membuang-buang waktu, tenaga dan uang, tips memilih jurusan kuliah yang tepat hendaknya berdasarkan pada cita-cita. Raih cita-cita Anda setinggi langit, meskipun harus pergi ke negeri China dan jika cita-cita atau panggilan hati Anda berada di dunia bisnis, maka Anda bisa mengambil jurusan kuliah bisnis, ekonomi, manajemen dll, namun bila cita cita Anda adalah ilmuwan, maka Anda bisa mengambil kuliah di bidang sains dll.

Hubungannya Dengan Masa Depan

Beberapa orang terlalu terburu-buru memutuskan jurusan kuliah mereka sehingga saat selesai kuliah pun masih ada hal yang mengganjal terutama mengenai pekerjaan di masa depan. Saat memilih jurusan kuliah akan lebih bijaksana jika Anda memutuskan pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan di masa depan, jangan sampai jurusan yang Anda pilih basic-nya jauh sekali dengan jenis pekerjaan tersebut, bila Anda ingin bekerja sebagai dokter gigi, tidak mungkin bukan jika Anda kuliah di jurusan mesin, dan jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai IT maka pilih jurusan komputer atau teknologi informasi dll. Poin ini mungkin sekilas mirip dengan poin kedua, namun ada beberapa orang yang memiliki cita cita berbeda dengan jenis pekerjaan yang diingkan, cita citanya mungkin ingin menjadi dokter, namun karena suatu hal justru yang diingkannya ketika dewasa nanti menjadi seorang teknisi, atau Anda yang bercita-cita menjadi penulis dan penerjemah buku namun lebih suka bila bekerja sebagai sekertaris atau staf produksi.

Hasrat Pribadi

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Salah satu tips memilih jurusan kuliah yang tepat ini mungkin akan membuat Anda dengan orang tua saling bertentangan, terlebih jika kalian memiliki perbedaan pendapat. Anda ingin kuliah di jurusan teknologi pertanian namun orang tua meminta Anda kuliah ekonomi. Saat ini mungkin Anda merasa sangat dilemma, karena hasrat pribadi Anda dan orang tua sangat berbeda, namun bila memikirkan lebih jauh, alangkah baiknya jika Anda mengambil jurusan berdasarkan keinginan pribadi sehingga proses kuliah yang berjalan selama 3 ½ atau 4 tahun lamanya bisa Anda lewati dengan suka cita tidak ada tekanan sama sekali. Yakinkan orang tua Anda jika Anda bisa menjadi sukses setelah kuliah di jurusan tersebut, atau jika memungkinkan ambil saja dua jurusan sekaligus.

Hobi

Beberapa orang memutuskan untuk mengambil jurusan kuliah berdasarkan hobi mereka, mengapa tidak toh banyak orang yang menjadi sukses setelah mendalami hobinya dengan baik, hobi menggambar lalu mengambil jurusan desain grafis, seni rupa bahkan arsitektur, sedangkan untuk yang hobi travelling, bisa mencoba mengambil jurusan pariwisata, hubungan internasional dll.

Kemampuan Pribadi

Ketika Anda memiliki kecerdasan di atas rata-rata mengapa harus takut bila diminta untuk kuliah di jurusan kedokteran, teknik, bahkan jurusan sains yang menjadi cikal bakal dari para ilmuwan. Selama Anda mampu dan bisa menyerap pelajaran dengan baik, tidak perlu ragu untuk memilih jurusan dengan nilai grade yang tinggi.

Rekomendasi Guru Atau Orang Tua

Karena ini urusannya dengan sekolahan, beberapa orang lebih suka bila diberikan rekomendasi oleh guru, karena guru lebih tahu bagaimana kualitas akademik dan non akademik Anda, selain guru Anda juga bisa bertanya pada orang tua.

Dengan mengaplikasikan 7 tips memilih jurusan kuliah yang tepat di atas, Anda akan menjalani perkuliahan dengan baik, tidak merasa lelah bahkan tertekan, karena semuanya telah Anda putuskan dengan sebaik mungkin diawal.


Leave a Reply