Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Apakah Profesi Mengajar Sesuai untuk Anda?

Pernahkah Anda melihat seorang guru dan merasa diri Anda bisa menjadi seperti dia? Apakah Anda merasa bisa lebih baik dari dia? Apakah Anda tertarik dengan profesi seorang pengajar? Atau apakah profesi mengajar sesuai untuk Anda? Menjadi seorang pendidik bukan hanya mengenai mengajar seseorang dari tidak tahu menjadi tahu, tapi lebih dari itu. Tenaga pendidik bisa menjadi penentu dalam membentuk karakter sekaligus masa depan seseorang.

Apakah Profesi Mengajar Sesuai untuk Anda ?

Ada beberapa poin-poin krusial yang dibutuhkan untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Hal seperti inilah yang terkadang tidak diperhatikan bagi mereka para calon guru, yang kemudian berujung pada kurangnya dedikasi dan pengabdian dalam mendidik anak bangsa.

Guru sedang mengajar

Guru sedang mengajar (foto: Student Teacher)

– Bagaimana seorang guru dididik?

Banyak yang mengira bahwa seorang guru akan diberikan pelatihan secara detil mengenai bagaima menghadapi kelas yang berisikan murid remaja. Hingga saat ini, tidak ada satupun buku panduan, kolase, ataupun universitas yang bisa mengajarkan seseorang mengenai cara mengajar yang baik. Inilah fakta nyata dari dunia pendidikan. Saat buku pedoman sudah tidak dapat digunakan, guru tidak pernah diajarkan bagaimana cara menghadapi kondisi seperti ini. Justru sebaliknya, guru dituntut agar bisa beradaptasi, melakukan modifikasi, serta mengatur sendiri bagaimana cara dalam menyampaikan pelajaran kepada para muridnya. Pada situasi seperti ini, guru seperti sedang meraba di dalam kegelapan.

– Apakah ada program jangka pendek?

Memang tersedia beberapa kursus, seminar, atau pelatihan dalam durasi yang singkat. Keigatan seperti ini bertujuan untuk membantu para guru agar bisa menjadi lebih baik dalam mengajar. Namun faktanya, para guru justru hanya merasa diberikan gambaran umum mengenai betapa sulitnya untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

– Hal apa yang harus dipahami oleh seorang guru?

Poin awal yang harus dipahami adalah sebuah interaksi yang dilakukan dengan pikiran manusia akan mendapatkan respon yang berbeda-beda pula terhadap setiap individu. Dalam sebuah lingkungan pendidikan, tidak akan ada dua pikiran yang sama, meskipun dalam kondisi tertentu akan terlihat mirip. Sayangnya, seorang guru tidak melakukan interaksi dengan mesin yang memiliki kesamaan, kecuali dengan melakukan beberapa modifikasi. Seorang guru bukanlah teknisi yang setelah mendapat pengetahuan singkat bisa mengatasi banyak hal. Begitu juga dengan karakter setiap pelajar, setiap kelas, dan setiap sekolah yang memiliki perbedaan. Setelah guru paham dan sudah menerima hal mendasar ini, maka semakin besar potensi untuk meningkatkan kemampuannya dalam mendidik. Mengajar akan menjadi sebuah problematika tersendiri jika para guru tidak memahami area penting ini.

***

Sejatinya, menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang menarik, menantang, sekaligus menyenangkan. Jika semua karakteristik pelajar sama, maka tentu saja aktivitas belajar mengajar akan berjalan monoton dan membosankan. Apabila hal-hal di atas tidak membuat Anda keluar dari tujuan hidup sebagai seorang guru, maka profesi mengajar sesuai untuk Anda.


Leave a Reply