Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Beasiswa Pemerintah Malaysia

Pemerintah Malaysia telah mengumumkan secara resmi bahwa Negara mereka memiliki tujuan baru dalam menyikapi dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan diciptakannya beberapa program yang bertujuan untuk memposisikan Negara mereka sebagai sebuah destinasi utama dalam melanjutkan pendidikan tinggi dan ilmu penelitian. Tujuan dari program ini adalah untuk menarik minat dari para mahasiswa Internasional dengan menawarkannya berbagai skema beasiswa.

Dengan dukungan infrastruktur dan pengembangan ilmiah, Malaysia telah menjadi Negara berbasis pengetahuan di dunia. Sebuah program bernama twinning degree telah dipubilkasikan sebagai sebuah keunggulan dari universitas-universitas di Malaysia, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk memindahkan kredit kuliahnya di Negara lain. Hal ini semakin membuktikan kesiapan pemerintah Malaysia untuk bisa menjadi tujuan utama bagi mahasiswa Internasional dalam menuntut ilmu.

Beasiswa Pemerintah Malaysia

Pemerintah Malaysia tidak main-main dengan tujuan pendidikan tersebut. Buktinya, berbagai usaha dilakukan untuk bisa memotivasi, menarik, serta mempertahankan pelajar berbakat dari luar Negeri. Pemerintah Malaysia bahkan mengeluarkan modal yang sangat besar untuk bisa mendukung kelancaran pendidikan dari mahasiswa Internasional. Demi keterlangsungan tujuan tersebut, pemerintah Malaysia sedang giat untuk mempromosikan 3 rangkaian skema beasiswa di sejumlah universitas terbaik Malaysia:

– Malaysia International scholarship (MIS)

Malaysia International Scholarship memiliki tugas utama untuk menarik para mahasiswa internasional berbakat dengan catatan memiliki latar belakang pendidikan dan nilai akademis yang memuaskan. MIS sangat terbuka bagi para mahasiswa tersebut agar mau mengajukan beasiswa ini dan memilih universitas unggulan Malaysia sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan.

- Malaysia International scholarship (MIS)

– Malaysia International scholarship (MIS)

– Commonwealth Scholarship

Beasiswa pemerintahan Malaysia ini ditujukan khusus bagi mahasiswa yang berasal dari Negara-negara persemakmuran atau Commonwealth agar ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana di Malaysia. Hal ini sendiri sudah merupakan bagian dari perjanjian negara-negara persemakmuran.

Commonwealth Scholarship

Commonwealth Scholarship

– Nippon Foundation Fellowships for Asian Public Intellectuals

Program ini dirancang khusus agar bisa membentuk kumpulan orang-orang intelektual di regional Asia. Tujuannya agar para intelektual Asia ini bisa saling mempelajari kebutuhan tiap Negara sehingga bisa berkontribusi pada pertumbuhan lingkup pemerintah. Hal ini tentu saja sangat efektif untuk merespon kebutuhan-kebutuhan dari tiap daerah yang ada di Asia. Langkah ini semakin menunjukkan bahwa Malaysia tidak hanya ingin menjadi wadah pendidikan di lingkup Asia Tenggara saja, namun bisa menjadi tujuan menarik bagi mahasiswa internasional di berbagai belahan dunia.

***

Sebagai catatan, beasiswa pemerintahan Malaysia ini ditawarkan langsung oleh Perdana Menterinya dan beberapa universitas lainnya.


Leave a Reply