Beasiswa S1 Jepang untuk Lulusan SMA Sederajat

Pemerintah jepang melalui kedutaan besarnya di Indonesia membuka kesempatan buat lulusan terbaik SMA / SMK sederajat untuk mendapatkan beasiswa S1 Jepang, beasiswa D2 dan D3 ke jepang tahun 2013/2014. Jadi buat rekan yang sekarang lagi mencari informasi seputar biasiswa S1 luar negeri “jepang” bisa mencoba registrasi beasiswa S1 ke jepang.

beasiswa s1

Beasiswa Jepang S1

Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun)

Persyaratan :

  • lulusan SLTA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara 2 April 1992 dan 1 April 1997. Bagi pelamar S-1 IPS, bisa mendaftar dengan JLPT level N3 atau lebih. Pelamar SLTA jurusan IPS tidak bisa mendaftar IPA.

Materi ujian tertulis:

  • IPS: Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
  • IPA-a: Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
  • IPA-b,c: Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi

Pilihan jurusan:

  • IPA-a: Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
  • IPA-b: Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
  • IPA-c: Medicine; Dentistry
  • IPS: Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.

Beasiswa Jepang D3

Masa studi 4tahun, termasuk belajar 1tahun belajar bahasa jepang.

Persyaratan :

lulusan SLTA Jurusan IPA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1992 dan tgl. 1 April 1997

Materi ujian tertulis:

Matematika dan Kimia/Fisika (tergantung kategori jurusan seperti tertulis di bawah)

Pilihan jurusan:

  • Kimia: Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
  • Fisika: Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.

PROSEDUR SELEKSI

Pengumuman seleksi dokumen akan ditampilkan di website kedutaan Jepang tanggal 1 Juli 2013. Bagi yang lolos seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (8 / 9 Juli 2013). Tidak semua pelamar akan dipanggil ujian tertulis.

Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) bulan Agustus. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.

Bagi yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapan penerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2014. Bagi peserta yang lolos, akan berangkat ke Jepang pada awal april 2014.

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Masa pendaftaran: Pendaftaran Tahap 1 mulai tanggal 1 Mei s/d 24 Mei 2013 untuk lulusan 2012 dan Sebelumnya, dan Pendaftaran Tahap 2 mulai 27 Mei s/d 14 Juni 2013 untuk lulusan 2013. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
  2. Pelamar melakukan registrasi di http://www.beasiswamext.or.id Setiap pelamar hanya boleh mendaftar 1 program saja.
  3. Pelamar mencetak [Data Pendaftar] yang dikirimkan ke email pelamar, ditempelkan foto, dan dikirimkan beserta fotokopi nilai Ujian Nasional yang dilegalisir (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kemdiknas belum keluar) dan fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Jepang (untuk pendaftar dengan JLPT), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Dokumen bisa diantar langsung atau

dikirimkan via pos ke:

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350
(Cantumkan nomor registrasi pada Kanan Amplop dan dokumen pelengkap)
Dokumen harus sudah tiba maksimal tanggal 24 Mei 2013 untuk tahap 1 dan 14 Juni 2013 untuk tahap 2.

Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan di proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.id.emb-japan.go.jp/

Tags:
author

Author: 

Related Posts

2 Responses

  1. Bantuan Beasiswa Jamsostek - Universitas PendidikanJune 3, 2013 at 5:42 pmReply

    [...] bantuan beasiswa untuk pelajar indonesia, baik itu pelajar tingkat SD, SMP, SMA / SMK, dan bantuan beasiswa S1 (sarjana). bantuan beasiswanyapun lumayan untuk membantu meringankan biaya sekolah selama [...]

  2. Beasiswa Kurang Mampu Dikpora DIY 2013 / 2014 - Universitas PendidikanJune 11, 2013 at 3:36 pmReply

    [...] Besarnya bantuan biaya pendidikan Besarnya bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa baru tidak mampu paling banyak Rp 7.500.000,- [...]

Leave a Reply