Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Info Pendidikan Sarjana S1 (Bachelor) di Inggris

Di negara Inggris Raya, gelar sarjana S1 sudah menjadi gelar pertama yang diburu setelah menyelesaikan sekolah. Meskipun gelar bachelor menjadi pilihan utama dalam kualifikasi sarjana, namun ada juga beberapa pilihan lainnya seperti HND/HNC atau DipHE, yang bisa digunakan sebagai akses lanjutan ke program sarjana.

Gelar Sarjana S1 (Bachelor)

Di negara seperti Inggris, Wales, dan Irlandia Utara, butuh waktu sekitar 3 tahun untuk meraih gelar honours seperti BSc Business atau BA Media. Sementara di Skotlandia, program sarjana biasa membutuhkan waktu sekitar 3 tahun dan empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana honours. Di Skotlandia sendiri, program sarjana yang diselesaikan terkadang dianugerahi dengan gelar master seperti MA, MEng, ata MSc, tergantung tradisi dari institusi tersebut.

Beberapa program sarjana di Inggris tidak terlalu memperhitungkan hasil ujian tahun pertama sebagai klasifikasi gelar akhir. Nilai pada tahun kedua dan ketiga yang ditambah dengan nilai skripsi yang kemudian akan menentukan nilai akhir mahasiswa. Sering pula mahasiswa diwajibkan untuk memilih serangkaian modul untuk dipelajari selama masa perkuliahan. Meskipun demikian, program perkuliahan bisa berbeda-beda, tergantung pada riwayat atau sejarah dari universitas tersebut.

Mayoritas institusi penididikan di Inggris menawarkan program yang memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari dua bidang atau lebih. Joint honours degree merupakan program gelar ganda yang melibatkan berbagai mata kuliah yang bisa saja memiliki bobot berbeda, misalnya BA Business dengan Bahasa Cina. Adapula program sandwich yang tidak jauh berbeda dengan program sarjana lainnya, hanya saja memerlukan tambahan satu tahun yang ditujukan sebagai waktu untuk mendapatkan pengalaman kerja praktik.

Mahasiswa merayakan kelulusannya.

Mahasiswa merayakan kelulusannya. (foto: Ralph Daily)

Kriteria Program Sarjana S1

Untuk mahasiswa internasional, ada beberapa persyaratan yang wajib terpenuhi jika mereka ingin melanjutkan studi di Inggris.

– Ijazah sekolah menengah atau IB Diploma

Sebelum mendaftar ke universitas di Inggris Raya, para calon mahasiswa internasional diwajibkan telah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah selama 12 tahun. Anda bisa menanyakan langsung ke lembaga pendidikan yang ditujui mengenai beberapa persyaratan khusus lainnya.

– Kemampuan berbahasa Inggris

Bagi mahasiswa yang berasal dari negara yang tidak menggunakan bahasa inggris, maka diwajibkan untuk mencapai skor standar IELTS agar bisa diterima kuliah. Untuk access course biasanya dibutuhkan skor IELTS sekitar 4.0 sampai 5.0, sedangkan untuk program sarjana dibutuhkan skor 5.0 sampai 6.0, dan program pascasarjana dengan skor 6.5 sampai 7.0. Namun masih ada juga beberapa universitas yang menerima uji kemampuan bahasa Inggris menggunakan TOEFL.

Pendaftaran Program Sarjana S1

Sebuah organisasi sentral bernama UCAS menjadi tempat bagi para calon mahasiswa untuk mendaftar pendidikan tinggi. Proses pengajuan aplikasi sebaiknya dilakukan 12 atau 18 bulan sebelum memasuki waktu perkuliahan, agar Anda memiliki banyak waktu dalam memilih lembaga pendidikan, selain persiapan untuk melengkapi dan menyerahkan aplikasi. Setiap tahunnya UCAS menerima sekitar setengah juta aplikasi, dimana diantaranya ada sekitar 50.000 aplikasi yang diajukan oleh mahasiswa internasional.

Sebelum mendaftar, pastikan bahwa Anda telah mendapatkan atau paling tidak akan mendapatkan persyaratan minimum dari lembaga pendidikan yang dituju. Dalam sekali pendaftaran, calon mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mendaftar lebih dari 5 program pendidikan. Anda bisa mengakses website UCAS untuk mengetahui persyaratan minimum yang diajukan.


Leave a Reply