Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Info Program Studi Ilmu Sosial dan Komunikasi

Setiap tahun, minat dari para pelajar untuk mengambil pendidikan sarjana di bidang ilmu sosial dan komunikasi semakin bertambah. Hal ini tergambar dari besarnya pendaftar pada jurusan ini, bahkan pada universitas swasta sekalipun. Kondisi ini tidak terlepas dari pertumbuhan media massa di dalam negeri yang kini bahkan merambah hingga ke tingkat kabupaten. Media elektronik maupun cetak menaruh antusias yang sangat tinggi terhadap lulusan ini, terutama bagi mereka yang menempuh pendidikan di luar negeri. Inilah alasan mengapa menempuh pendidikan ilmu sosial dan komunikasi sangat dianjurkan untuk dilakukan di luar negeri.

Pada jurusan ini, mahasiswa akan diberikan materi kuliah yang berkutat mengenai produksi berita dalam sebuah media, pembelajaran mengenai media baik itu secara interaktif maupun digital, dan juga komunikasi secara praktek. Materi kuliah juga akan banyak membahas mengenai dunia broadcast seperti produksi penyiaran televisi, radio, maupun media berbasis digital. Selain mata kuliah yang berbasis media, ada juga beberapa materi yang mempelajari mengenai hubungan antara media dan politik. Dalam jurusan ilmu sosial dan komunikasi, mahasiswa akan banyak mendalami mengenai teori dan sejarah dari media massa serta proses pembentukan opini dan imej dengan menggunakan media.

Pemahaman mengenai ilmu sosial dan komunikasi sangatlah penting mengingat saat ini segala aspek kehidupan meanfaatkan media sebagai sarana komunikasi. Mulai dari dunia politik, bisnis, hiburan, bahkan untuk hal yang bersifat personal sekalipun media massa acap kali dijadikan wadah dalam pembentukan karakter. Sebagai contoh, beberapa calon presiden Indonesia pada pemilu yang lalu menggunakan Facebook dan Twitter untuk mendapatkan simpati.

Kuliah pada jurusan ini juga dibarengi dengan mata kuliah yang bersifat praktikal dimana sebagian besar universitas akan berusaha untuk mengarahkan kemampuan mahasiswanya pada beberapa media massa tertentu. Mahasiswa diberikan kebebasan untuk fokus pada media cetak, radio, maupun televisi. Ilmu sosial dan komunikasi memiliki sistem penjurusan yang sangat spesifik, seperti jurusan public relation, jurnalistik, film dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa bisa memiliki daya saing saat terjun ke dunia kerja.

Untuk kuliah di luar negeri seperti Amerika, butuh waktu sekitar 4 tahun dalam menyelesaikan program studi ini dan lulusannya akan mendapat gelar B.A. Waktu yang lebih singkat bisa didapatkan jika berkuliah di Inggris, yaitu hanya sekitar 3 tahun dengan gelar B.A. atau BSc yang diperuntukkan bagi mereka yang fokus pada jurusan media berbasis teknologi.

Secara umum, mahasiswa ilmu sosial dan komunikasi sering menggunakan masa kuliah terutama waktu libur untuk bekerja pada koran atau radio kampus. Sementara sebelum lulus, mahasiswa diwajibkan untuk magan di beberapa media massa lokal. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para mahasiswa, karena selain menambah pengalaman, peluang untuk bisa diterima kerja pada tempat magang tersebut terbuka lebar. Namun tentu saja harus diiringi dengan kinerja yang memuaskan saat melakukan magang.


Leave a Reply