Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Keistimewaan Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau disingkat LPDP merupakan Badan Layanan Umum di bawah Kementrian Keuangan yang bertugas dalam mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Lembaga ini secara resmi didirikan pada tanggal 30 Januari 2012 melalui Keputusan Menteri Keuangan No. 18/KMK.05/2012. DPPN adalah penyisihan dari anggaran pendidikan yang setiap tahunnya akan diinvestasikan. Penggalangan dana sudah dilakukan sejak 2010 lalu, dimana Menteri Keuangan saat itu masih dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati. Hingga saat ini, anggaran DPPN sudah mencapai 16 triliun rupiah, sebuah angka yang menunjukkan betapa besarnya keseriusan pemerintah dalam menyekolahkan anak-anak bangsa. Untuk pengalokasian dana, LPDP dibagi pada 3 hal, yaitu beasiswa, pendanaan riset, dan dana cadangan pendidikan yang ditujukan untuk perbaikan fasilitas pendidikan akibat bencana alam.

BeasiswaPendidikan Indonesia S-2 dan S-3 tahun 2015

BeasiswaPendidikan Indonesia S-2 dan S-3 tahun 2015

Keistimewaan Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi secara gratis baik itu di dalam maupun luar negeri. Selain itu, mereka yang kekurangan dana dalam menyelesaikan tesis atau disertasi juga bisa mendapatkan beasiswa ini. Terlebih bagi mereka yang memiliki prestasi pada bidang olimpiade, olah raga, atau seni, maka beasiswa yang prestisius ini bisa menjadi langkah tepat dalam melanjutkan pendidikan S2 atau S3.

– Ditujukan bagi siapa saja

Program ini terbuka bagi siapa saja, meskipun bukan dari golongan PNS, dosen, tidak memiliki pengalaman kerja, bahkan bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan sekalipun. Namun sejak akhir tahun 2013, pelamar yang memiliki status sebagai dosen tetap pada PTN/PTS dan memiliki NIDN, lebih disarankan untuk melamar beasiswa DIKTI. Meskipun pelamar dengan status tersebut lolos dalam tahap seleksi LPDP, selanjutnya mereka akan direkomendasikan ke DIKTI, sehingga pihak LPDP tidak akan memiliki wewenang dalam memberikan beasiswa.

Bagi Anda yang tinggal di luar negeri, Anda masih memiliki akses untuk ikut melamar dalam program beasiswa ini, dan juga bisa di-apply kapan saja. Jika Anda lolos administrasi, maka akan segera dilakukan seleksi wawancara di lokasi terdekat. Apabila Anda gagal, masih ada kesempatan untuk terus mencoba hingga kapanpun.

– Membayar berapapun SPP Anda

Keistimewaan beasiswa LPDP yang kedua adalah pendanaan yang seakan tanpa batas untuk pendidikan sang penerimanya. Bahkan seorang penerima beasiswa yang memilih pendidikan di Naval Academy diwajibkan untuk membayar biaya SPP di muka sebanyak lebih dari 3 milyar rupiah, dan pemerintah ternyata menyanggupi hal ini.

– Menjamin Pembayaran SPP

Beasiswa LPDP menjamin pembayaran SPP secara langsung pada pihak universitas. Untuk biaya tunjangan hidup, pembayaran juga dilakukan secara tepat waktu ke rekening pelajar. Biaya tunjangan hidup ini akan disesuaikan dengan kondisi dan standar hidup dari negara bersangkutan.

– Program pembekalan nasionalisme & kepemimpinan

Menarik melihat sebuah program beasiswa memberikan program pembekalan nasionalisme & lepemimpinan kepada para penerimanya sebelum melaksanakan studi. Beasiswa LPDP akan bekerjasama dengan TNI dan melibatkan berbagai tokoh-tokoh nasional dalam melakukan pembekalan agar nantinya didapatkan lulusan yang berjiwa seorang pemimpin dan cinta akan tanah airnya.

– Pendanaan dari Dana Abadi Pendidikan

Keistimewaan beasiswa LPDP yang lainnya adalah sumber dana yang didapatkan dari dana abadi pendidikan dan memang ditujukan untuk investasi. Hasil dari investasi inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk program beasiswa & bantuan penelitian. Dana pokok investasi yang bertambah setiap tahunnya semakin didukung kerena LPDP memiliki hak kelola 100%, sehingga bebas dari berbagai dinamika politik atau birokrasi yang memang sering menjadi penghambat dari program beasiswa.

– Tidak ada batasan kuota

Beasiswa LPDP tidak memiliki batasan kuota dalam artian lain tidak ada persaingan diantara para pelamar. Para pelamar hanya akan bersaing dengan dirinya sendiri, memastikan apakah dirinya memang memenuhi kriteria LPDP. Tidak tergantung dari berapapun banyaknya pelamar, jika memang semuanya memenuhi syarat, maka akan diterima.

***

Semoga keistimewaan beasiswa LPDP ini bisa membantu untuk mewujudkan cita-cita pendidikan dari anak bangsa, membantu untuk menyelesaikan penelitian, serta bisa menjadi agen perubahan untuk pembangunan di tanah air. Anda bisa mengakses www.lpdp.depkeu.go.id untuk mendapatkan info terbaru mengenai beasiswa LPDP.


Leave a Reply