Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Orange Tulip 2015: Beasiswa jenjang Sarjana dan Master ke Belanda

Orange Tulip Scholarship adalah sebuah program beasiswa ke Belanda yang ditujukan kepada para kandidat yang ingin melanjutkan pendidikannya, baik itu dalam jenjang persiapan, sarjana, ataupun tingkat master. Pendaftaran untuk beasiswa ini sendiri dibuka hingga 1 April 2015. Perbedaan mendasar dari beasiswa ini adalah pelamar yang diharuskan untuk diterima di universitas yang ingin dituju. Hal ini kemudian membuat universitas tersebut memiliki wewenang penuh dalam melakukan seleksi, bukan pihak pemberi beasiswa. Besaran nilai untuk beasiswa ini sendiri tergantung dari skema universitas, bisa diberikan secara full atau parsial, dan tergantung dari prestasi sang pelajarnya.

Hal menarik yang dimiliki oleh seorang pelajar internasional adalah adanya kesempatan untuk bekerja paruh waktu hingga 10 jam setiap pekan. Apabila dihitung, jumlah ini sudah bisa memenuhi bahkan lebih dari setengah biaya hidup seorang pelajar. Bagi Anda yang tertarik dengan beasiswa Orange Tulip, dibutuhkan sebuah kemampuan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dengan skor TOEFL-iBT minimal 80 atau nilai IELTS minimal 6.0. Selain itu, pelamar juga harus menunjukkan bukti sedang mendaftar atau telah diterima di universitas yang ada di Belanda.

Beasiswa Orange Tulip 2015 di Universitas Nyenrode

Beasiswa Orange Tulip 2015 di Universitas Nyenrode

Program Orange Tulip Scholarship kali ini akan menggandeng sebanyak 26 institusi pendidikan tinggi yang ada di Belanda. Permohonan beasiswa ini bisa langsung ditujukan pada institusi pendidikan yang ada di Belanda atau melalui Nuffic Neso Indonesia. Anda yang merasa tertarik dengan program Orange Tulip Scholarship atau ingin sekedar melihat daftar perguruan tinggi apa saja yang menjadi mitra program ini bisa mengaksesnya melalui www.nesoindonesia.or.id.

Secara umum, pendaftaran dibuka paling lambat sampai 1 April 2015, sedangkan untuk beberapa skema lainnya bisa memiliki tenggat waktu yang berbeda.

Peluang Semakin Besar

Mervin Bakker, direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan bahwa para pelajar Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa serta menimba ilmu di Negeri kincir Angin. Terlebih pada tahun ini jatah dari beasiswa Orange Tulip Scholarship semakin besar kuotanya. Pada edisi yang lalu, Orange Tulip Scholarship menyediakan 40 beasiswa untuk kandidat asal Indonesia dengan total dana 400.000 Euro. Sedangkan untuk tahun ini, ada 69 calon penerima yang akan ditempatkan pada skema beasiswa berbeda, dengan pendanaan sebanyak 713.250 Euro. Banyaknya penerima beasiswa jika dibandingkan dengan tahun lalu dikarenakan semakin banyak pula perguruan tinggi di Belanda yang ikut berpartisipasi dalam program ini. Secara angka, kenaikannya mencapai 18 persen dan sekma beasiswa yang meningkat 48 persen.


Leave a Reply