Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Pendidikan Pascasarjana di Amerika Serikat

Bagi Anda para sarjana muda, apakah pernah terlintas di pikiran Anda untuk melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat? Bagi Anda yang tertarik, sebaiknya perlu mengetahui mengenai jenis kualifikasi kelulusan yang ada di AS, yaitu master dan doktoral.

Gelar Master

Gelar Master di AS bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu secara akademis dan profesional.

– Akademis

Master of Science (M.Sc.) atau Master of Arts (MA) pada umumnya diperoleh setelah menempuh kuliah selama dua tahun yang dibarengi dengan penelitian. Program kuliah yang dijalani membutuhkan antara 30 dan 60 kredit, dimana akan diakhiri dengan tesis dan atau tes lisan. Hal ini bisa mengarah langsung kepada kajian yang bersifat doktoral.

– Profesional

Gelar master yang bersifat profesional pada umumnya menjurus kepada sebuah profesi tertentu dan tidak termasuk sebagai kajian doktoral. Hal ini mencakup gelar M.Ed. (Master of Education), M.B.A. (Master of Business Administration), MFA (Master of Fine Arts), MSW (Master of Social Work), dan lain-lain. Biasanya dibutuhkan 36 hingga 48 jam kredit kuliah untuk meraih gelar tersebut, namun tidak memerlukan tesis.

Gelar Doktoral

Secara umum, gelar doktoral sangat umum dengan PhD, dimana para mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah penelitian asli secara signifikan. Selain itu, para mahasiswa juga diwajibkan untuk menulis disertasi dan harus mempertahankannya di depan para panel.

Siklus kerja gelar doktoral secara lengkap bisa memakan waktu sekitar 5 hingga 8 tahun. Beberapa gelar doktoral profesional seperti DBA (Doctor of Business Administration) atau EdD (Doctor of Education) melibatkan kombinasi dari program kuliah dan penelitian.

Kriteria Kelayakan

– Pendidikan minimum

Sebelum memasuki program pascasarjana (S2/S3), para pendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan gelar sarjana (S1) mereka terlebih dahulu, dan gelar master untuk pendaftaran S3.

– Tes penerimaan

Untuk tingkat master dan doktoral, ada beberapa jurusan yang mewajibkan pendaftarnya untuk mengambil GMAT (Graduate Management Admission Test) atau GRE (Graduate Recruitment Test). Untuk belajar pada jurusan psikologi atau pendidikan, biasanya dibutuhkan tes lain seperti MAT (Miller Analogy Test). Beberapa ujian spesifik lainnya mungkin diperlukan jika jurusan yang dituju seperti hukum atau kedokteran.

Selain itu, para pendaftar juga disyaratkan untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris nya dengan memperlihatkan hasil tes seperti TOEFL atau jenis tes bahasa Inggris lainnya sesuai dengan ketentuan dari institusi pendidikan tersebut.

– Proses pendaftaran

Setiap institusi pendidikan di AS akan menentukan batas waktu pendaftaran yang berbeda-beda. Namun umumnya dilakukan antara bulan Januari hingga bulan Maret. Aplikasi yang dibutuhkan biasanya mencakup beberapa hal:

  • Formulir dan biaya pendaftaran
  • Kredensial akademis seperti foto kopi diploma asli, transkrip universitas yang disertifikasi, gelar atau gelar profesional.
  • Nilai tes baik itu GRE, MAT, GMAT, TOEFL atau beberapa jenis tes lainnya.
  • Pernyataan pribadi yang berisi mengenai tujuan dan ambisi akademis.
  • Surat rekomendasi yang diberikan oleh staf pengajar atau pemberi kerja. Surat ini bisa berisi mengenai potensi maupun deskripsi mengenai pekerjaan Anda.
  • Laporan keuangan yang mengkonfirmasikan bahwa Anda memiliki cukup dana dalam membiayai pendidikan hingga selesai. Namun ada juga beberapa universitas yang tidak meminta persyaratan ini.
  • Pada beebrapa universitas, terutama sekolah bisnis, akan dilakukan wawancara secara internasional.

Surat penawaran biasanya akan diterima pendaftar pada pertengahan April dan program kuliah yang dimulai di bulan Sepetember.


Leave a Reply