Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Pendidikan Sarjana (S-1) di Amerika Serikat

Secara garis besar, pendidikan program S1 di Amerika Serikat berbasis pada filsafat seni liberal. Hal ini menandakan bahwa tanpa menghiraukan jalur kuliah, mahasiswa akan mendapatkan ragam mata kuliah yang berkutat dalam ilmu sosial, budaya, alam, dan bahasa. Gelar sarjana di AS umumnya disebut dengan Bachelor Degree, sebuah gelar yang sangat fleksibel dan memungkinkan pemiliknya dalam menentukan jalur kuliah sendiri. Gelar Bachelor akan diberikan kepada mahasiswa jika berhasil meraih angka kredit tertentu dan biasanya memakan waktu 4 tahun untuk meraihnya. Angka kredit dari setiap mata kuliah berbeda-beda, tergantung dari jumlah jam kuliahnya. Gelar Bachelor itu sendiri bisa diraih dengan skor 130 hingga 180 kredit.

Pada umumnya, program gelar Bachelor terdiri atas 4 jenis program kuliah. Setiap institusi pendidikan akan menentukan mata kuliah wajib yang biasanya mencakup ilmu budaya, sosial dan matematika. Mata kuliah wajib atau pokok ini akan dikonsentrasikan dan mewakili sekitar 25 – 50 % dari seluruh mata kuliah pada program gelar Bachelor. Adapun penambahan mata kuliah (minor) merupakan konsentrasi kedua dari program kuliah dan biasanya mencakup setengah dari jumlah kredit jurusan utama. Melengkapi sisa kredit untuk lulus bisa dilakukan dengan memilih beberapa mata kuliah pilihan dari jurusan apa pun.

Mahasiswa merayakan kelulusannya.

Mahasiswa merayakan kelulusannya.

Kriteria Program Sarjana S1

– Sertifikat sekolah menengah atas

Community college di AS mewajibkan para mahasiswa internasional untuk menamatkan pendidikan dasar dan menegah selama 12 tahun sebelum mengajukan pendaftaran.

– Kemampuan bahasa Inggris

Mahasiswa internasional juga diwajibkan untuk menyerahkan hasil TOEFL mereka dengan standar nilai yang berbeda-beda, tergantung universitas tujuan. Beberapa universitas juga menerima nilai tes bahasa Inggris dengan sistem IELTS.

– Tes standar lainnya

Ada beberapa universitas di AS yang mengharuskan para pendaftarnya untuk menjalani beberapa tes. Biasanya, ada 3 jenis tes utama yang dilakukan sebelum memasuki program sarjana, yaitu:

  1. Scholastic Assessment Test atau SAT
  2. SAT II – Subject Tests
  3. ACT atau American College Testing

Ketiga jenis tes ini disajikan dalam bentuk pilihan ganda yang bertujuan untuk mengukur beberapa kemampuan dan ketreampilan para calon pendaftar.

Pendaftaran Program Sarjana S1

Ada baiknya Anda melakukan pendaftaran sekitar 12 hingga 18 bulan sebelum aktivitas perkuliahan dimulai. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki lebih banyak waktu dalam mempelajarai institusi pendidikan yang dituju serta mempersiapkan segala kelengkapan tes yang dibutuhkan. Siapkanlah beberapa daftar singkat mengenai institusi yang ingin dituju agar proses penyiapan aplikasi bisa lebih mudah.

Institusi pendidikan di AS menerapkan batas waktu pendaftaran yang berbeda-beda. Biasanya dimulai pada Januari dan berakhir pada bulan Maret, meskipun terkadang lebih awal atau lebih lambat. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda sebaiknya mengajukan aplikasi secepat mungkin.

Aplikasi yang ditujukan ke institusi pendidikan AS biasanya mencakup beberapa hal:

  • Formulir
  • Biaya pendaftaran
  • Nilai tes berupa TOEFL, SAT I dan SAT II
  • Kredensial akademis atau transkrip
  • Lembar pernyataan pribadi yang diisi secara jelas mengenai tujuan serta ambisi akademis pendaftar.
  • Surat rekomendasi yang biasanya diberikan oleh guru atau atau pemberi kerja yang menjelaskan mengenai potensi atau pekerjaan sang calon mahasiswa.
  • Beberapa universitas biasanya meminta laporan keuangan sebagai langkah untuk memastikan pendaftar memiliki kemampuan finansial yang cukup dalam membiayai pendidikannya hingga selesai.

Para pendaftar yang telah mengajukan aplkikasi akan mendapatkan surat pada pertengahan April untuk menjani aktivitas perkuliahan yang dimulai pada bulan September.


Leave a Reply