Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Penerimaan Mahasiswa Baru /PMB UMS Surakarta 2015

Informasi terbaru Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2015 /2016 yang sudah dimulai, informasi berkaitan pendaftaran mahasiswa baru UMS, informasi tes masuk UMS, dan biaya kuliah di UMS Solo tahun 2015 akan di jelaskan disini.

INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UMS TA 2015 / 2016

Syarat Pendaftaran :

  1. Calon mahasiswa terlebih dahulu melakukan pendaftaran online melalui halaman pendaftaran online di http://regpmb.ums.ac.id. Calon mahasiswa yang belum mendaftar online harus mengisi data diri secara lengkap di terminal komputer yang disediakan di Gedung Admisi UMS. Mengingat jumlah terminal di Gedung Admisi sangat terbatas, mengisi data diri di gedung Admisi akan memakan waktu. Calon disarankan untuk mengisi data online terlebih dahulu sebelum datang ke UMS.
  2. Calon mahasiswa menyerahkan foto kopi Ijazah (Surat Tanda Kelulusan, STTB) yang telah dilegalisir dan NEM/UNAS sebanyak 1 lembar.
    Calon yang belum memiliki STTB/NEM/UNAS dapat menyerahkan di kemudian hari setelah masuk kuliah. Penyerahan dilakukan di Biro Administrasi Akademik UMS.
  3. Calon menyerahkan Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  4. Calon membayar biaya pendaftaran sebesar: Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah).
  5. Calon menunjukkan kartu identitas diri asli (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor)
  6. Tambahan syarat untuk calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum: surat keterangan sehat mental dari dokter ahli jiwa rumah sakit dan harus berasal dari SMA/Madrasah Aliyah jurusan IPA.

Catatan :

  • Mahasiswa yang berprestasi di bidang olah raga dan kesenian akan mendapatkan perhatian khusus
  • Calon mahasiswa Kelas Internasional dan Double Degree tidak diharuskan memiliki bukti kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris tidak menjadi persyaratan masuk, karena mahasiswa Kelas Internasional dan Double Degree wajib tinggal di asrama mahasiswa internasional (Pondok Internasional KH Mas Mansur) dengan mendapatkan kursus bahasa Inggris secara intensif.

Waktu pendaftaran

Pendaftara dapat dilakukan secara online sepanjang waktu melalui web resmi http://regpmb.ums.ac.id (sangat disarankan) atau datang ke Gedung Admisi UMS (kurang disarankan) untuk mengisi data diri pada jam-jam berikut:

Pagi : 08.00-12.00 WIB
Siang : 13.00-15.00 WIB
Tes dan registrasi dapat dilakukan pada jam-jam di atas di Gedung Admisi UMS.

Tempat pendaftaran

Calon mahasiswa yang mendaftar langsung (kurang disarankan, lebih baik secara online terlebih dahulu) dipersilakan datang ke:

Gedung Admisi Kampus I
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Tromol Pos 1, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162
Telp./Fax.: +62 (0271) 739992

pmb ums 2014

INFORMASI TES MASUK MAHASISWA BARU UMS 2015

Seputar tes masuk

  1. Pendaftaran peserta tes, pelaksanaan tes masuk, dan pengumuman kelulusan dapat ditempuh dalam waktu hanya satu hari (One Day Service)
  2. Pelaksanaan tes dilakukan dengan menggunakan komputer (Computer Based Test) terdiri atas 50 soal dalam waktu 60 menit. Nilai tes dihitung berdasarkan soal yang dijawab dengan benar, dan tidak ada pengurangan nilai untuk soal tes yang dijawab salah.
  3. Calon mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Geografi, Fakultas Farmasi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi PAUD, dan Program Studi Pendidikan Geografi diharuskan menjalani tes kesehatan. Biaya tes kesehatan sebesar Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).
  4. Rapot tidak digunakan sebagai salah satu penilaian hasil tes tertulis (termasuk di Fakultas Kedokteran). Rapot digunakan hanya pada proses seleksi beasiswa bagi calon mahasiswa yang mendaftar beasiswa.

Materi Tes

Materi tes tulis meliputi: Agama Islam, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Tes Potensi Akademik (TPA), Logika Bahasa, Logika Numerik, Logika Gambar, Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, PKn/Tata Negara, Geografi, dan Sejarah/Antropologi.
Catatan : Calon mahasiswa non-Muslim tidak menempuh tes agama Islam.

Tes kesehatan dapat berupa tes tinggi badan, buta warna atau yang lain tergantung Fakultas atau Program Studi yang dituju.

Bebas Tes (Tidak Perlu Mengikuti TES)

Calon mahasiswa yang memiliki NEM/UNAS dengan nilai rata-rata 8,20 atau lebih berhak dinyatakan lolos tes (tidak perlu mengikuti tes tertulis). Calon cukup mendaftar dengan memenuhi syarat pendaftaran dan dapat langsung melakukan registrasi. Jumlah calon yang bebas tes dibatasi oleh daya tampung, sehingga berlaku mekanisme siapa cepat dia dapat.  Mekanisme bebas tes tidak berlaku untuk Program Studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa program studi lain.

Kelompok Soal Tes

Terdapat tiga kelompok soal tes yaitu kelompok IPA, IPS dan IPC (campuran). Kelompok soal yang dikerjakan seorang peserta tes tergantung Program Studi yang dipilih. Daftar program studi dan kelompok soal tes dapat dilihat pada bagian bawah halaman ini. Sebagai ilustrasi, jika kamu ingin masuk Fakultas Farmasi, kamu akan diberi soal kelompok IPA, dan kamu boleh berasal dari SMA/SMK jurusan IPA atau IPS.

Peserta yang ingin masuk Program Studi Kedokteran harus berasal dari SMA/Madrasah Aliyah jurusan IPA dan akan dites menggunakan soal kelompok IPA. Peserta yang ingin masuk ke Program Studi selain Kedokteran boleh berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA atau IPS, sedangkan kelompok soal yang harus dikerjakan tergantung pada jurusan yang dipilih.

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPS:

  • Pend. Akuntansi, Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan
  • Hukum
  • Psikologi
  • Tarbiyah, Ushuluddin, Syari’ah

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPA:

  • Pend. Matematika, Pend. Biologi
  • Teknik Sipil, Teknik Mesin, Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri
  • Farmasi
  • Keperawatan (S1), Gizi (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Fisioterapi (S1), Fisioterapi (D4)
  • Keperawatan (D3), Gizi (D3), Fisioterapi (D3)
  • Kedokteran, Pendidikan Dokter Gigi (peserta dengan pilihan Program Studi Kedokteran wajib berasal dari SMA jurusan IPA)
  • Informatika

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPC:

  • Pend. Bhs Indonesia & Sastra Daerah, Pend. Bhs. Inggris, Pendidikan Geografi, PAUD, PGSD
  • Geografi
  • Ilmu Komunikasi

INFO BIAYA KULIAH DAN PROGRAM STUDI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UMS 2015

Biaya studi terdiri atas dana pengembangan dan biaya per sks (biaya kuliah). Dana pengembangan dibayarkan sekali pada saat mahasiswa melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru. Biaya per sks dibayarkan di setiap semester dan dibayarkan dalam dua tahap, sebagai berikut:

  1. Tahap I dibayarkan di awal semester sebesar 10 sks dikalikan tarif per sks (sesuai program studi mahasiswa).
  2. Tahap II dibayarkan pada pertengahan semester sebesar kekurangan jumlah sks yang diambil.

Sebagai ilustrasi, Fulan kuliah di Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Pada semester I Fulan mengambil 6 matakuliah dengan total 18 sks. Di awal semester, Fulan dikenakan biaya kuliah sebesar 10 sks x Rp. 126.600 = Rp. 1.260.000, dan pada pertengahan semester, Fulan dikenakan biaya 8 sks x Rp. 126.000 = Rp. 1.008.000.

Berikut adalah tabel biaya studi bagi mahasiswa baru UMS 2015.  Mohon perhatikan berbagai keterangan yang ada di bagian bawah tabel.

 

Keterangan

* Mendapatkan satu unit laptop
** Biaya per SKS menyesuaikan tempuhan MK di Prodi bersangkutan (misalnya mata kuliah psikologi, beban SKS sesuai SKS Psikologi)
*** Ditambah Rp 5.000.000/3 bulan (sebagai Simpanan Study di Perguruan Tinggi mitra)
**** Ditambah biaya Pembinaan Bahasa Asing sebesar Rp 150.000/SKS (total 38 SKS)

Biaya studi UMS pada tabel di atas belum termasuk:

  1. Biaya cuti kuliah Rp. 250.000,- per semester. Apabila mahasiswa tidak aktif tanpa pemberitahuan dan tidak mengajukan cuti kuliah maka mahasiswa dikenakan biaya dua kali biaya cuti kuliah (Rp. 500.000,-) per semester
  2. Biaya ujian ulang Skripsi/TA (jika mahasiswa harus mengulang ujian Skripsi/TA)
  3. Biaya Wisuda
  4. Biaya Praktek RS untuk D3: Fisioterapi.

Itulah informasi pendaftaran penerimaan mahasiswa baru ums 2015 seperti; info pendaftaran mahasiswa baru UMS surakarta, info tes masuk UMS, dan biaya perkuliahan di UMS tahun 2015. Untuk informasi lebih lanjut berkaitan dengan PMB Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2015 bisa datang langsung ke kampus UMS Jl. A. Yani Tromol Pos 1, Pabelan, Kartasura, Surakarta. Atau mengunjungi website resmi www.pmb.ums.ac.id


2 Comments

Leave a Reply