Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Prospek Karier Desain Grafis

Pernahkah Anda tertarik pada sebuah iklan di TV? Atau perhatian Anda tercuri oleh sebuah papan reklame? Atau mungkin Anda menyimpan kekaguman tersendiri pada sebuah logo tertentu? Jika ya, maka selamat datang di dunia desain grafis. Saat ini, kita sudah rutin menjumpai hal-hal demikian yang pada dasarnya ditujukan sebagai sarana pemasaran dan kesemuanya itu memiliki keterkaitan dengan dunia desain grafis. Desain grafis merupakan sebuah profesi yang tenar pada era 50an, namun tidak akan pernah berhenti dan terus berevolusi hingga sekarang. Bahkan kini desain grafis sudah menjadi bagian dari dunia pendidikan.

Pekerjaan Desainer Grafis

Seorang desainer grafis akan banyak bergelut dengan penggunaan software desain dan beberapa elemen lainnya seperti foto, warna, font, bentuk, tekstur, dan ilustrasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan di beragam media. Media yang digunakan bisa berupa brosur, iklan cetak, majalah, koran, desain buku, poster, kemasan produk, dan banyak lagi. Bisa dikatakan, desainer grafis adalah seorang artis kreatif sekaligus komunikatar ulung yang bisa mengekpresikan sesuatu hal melalui teknologi. Nah, bagi Anda yang merasa tertarik menjadi seorang artis, maka pilihan karier di bidang desain grafis bisa menjadi pintu gerbang dalam meraih kesuksesan.

Prospek Karir Desain Grafis

Bagi mereka yang terjun dalam dunia desain grafis, ada begitu banyak peluang kerja yang tersedia. Semuanya memiliki kesamaan, yaitu menuntut sebuah kreatifitas.

 

Emirate Graphic

Emirate Graphic (foto: Emirate Graphic)

– Desainer grafis

Bidang ini membutuhkan seorang ahli yang mampu menggunakan gambar, grafis, atau apa saja yang berhubungan dengan penciptaan grafis, tanda, logo, skema, simbol, gambar, desain geometrik dan lainnya. Para professional biasanya ditunjang dengan penggunaan program desain seperti Photoshop, Flash, Illustrator, dan lainnya. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki tingkat kreatifitas tinggi serta paham mengenai estetika dalam menyampaikan pesal lewat desain grafis.

– Desainer tata letak

Profesi ini lebih condong kepada mereka yang memiliki pemikiran kreatif mengenai komposisi atau penempatan sebuah gambar dan mampu memutuskan penggunaan warna atau huruf.

– Desainer flash

Flash merupakan salah satu bagian dari pemrograman desain web dan cocok bagi mereka yang kreatif dalam menggunakan efek visual. Tanpa orang-orang seperti ini, maka dunia internet akan menjadi membosankan.

– Ilustrator

Ilustrator bisa menjadi prospek karier desain grafis bagi mereka yang mahir dengan seni pensil atau tinta, termasuk penerapannya dalam seni digital. Selain itu, seorang ilustrator juga dituntut agar bisa menyampaikan pesan dengan baik melalui desainnya.

– Artis photoshop

Pekerjaan ini sudah jelas berkaitan dengan penggunaan aplikasi Photoshop. Orang yang terlibat dalam bidang ini merupakan seniman yang melakukan reka ulang, menyempurnakan, atau memperindah tampilan sebuah gambar. Hal ini jelas bertujuan untuk memaksimalkan penyampaian pesan secara visual.

***

Beberapa artis yang memiliki kesuksesan di dunia desain grafis seperti Chip Kidd, seorang desain sampul buku untuk DC Comics. Milton Glaser, otak utama dibalik penciptaan logo I heart NY yang kini diadaptasi di setiap negara. Herb Lubalin, lulusan dari Cooper Union yang memiliki kontribusi besar dalam seni tipografi. Salah satu penemuan terkenalnya adalah ITC Avant Garde typeface yang secara umum digambarkan sebagai sebuah interpretasi dari seni deco modern.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti langkah mereka? Menekuni dunia desain grafis tentu akan membuat Anda memiliki banyak kesempatan kreatif secara nasional dan internasional. Sebagai langkah awal, Anda bisa memulai kuliah di jurusan desain grafis yang sekaligus akan memberi jam terbang yang banyak melalui mata kuliah yang praktikal.


Leave a Reply