Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Tips Mendaftar Beasiswa dan Darmasiswa

Bagi mereka yang memiliki tekad kuat untuk melanjutkan pendidikan namun tidak memiliki dana yang cukup, beasiswa dan darmasiswa adalah jalur yang tepat untuk mengakomodir hasrat tersebut. Begitu juga bagi mereka yang ingin menimba ilmu ke luar negeri, mengingat dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Sedangkan bagi penyedia program beasiswa, mereka memiliki keuntungan tersendiri karena nantinya bisa menarik sumber daya manusia berbakat tersebut untuk ditempatkan pada posisi-posisi tertentu.

Tips Mendaftar Beasiswa dan Darmasiswa

Bagi sebagian orang, beasiswa dan darmasiswa adalah sesuatu yang prestisius namun terbilang sulit untuk didapatkan. Maka dari itu, kami akan memberikan tips sederhana untuk bisa mencari beasiswa dan darmasiswa:

Tips mendaftar beasiswa dan darmasiswa

Tips mendaftar beasiswa dan darmasiswa

– Mencari program yang tersedia

Pada dasarnya, beasiswa merupkan hal yang sangat mudah untuk dicari mengingat banyaknya peminat akan program ini sehingga penyedianya juga sangat banyak. Anda bisa mencari langsung ke universitas, organisasi, atau badan-badan tertentu. Selain itu, banyak pula perusahan-perusahan yang menawarkan program beasiswa, namun lebih spesifik ke posisi yang menyangkut ruang lingkup kerja dari perusahaan tersebut. Pelajarilah mengenai jenis atau skema dari beasiswa tersebut, syarat, dan usahakan untuk mendaftarkan diri ke semua program beasiswa yang bisa Anda penuhi kriterianya.

– Pencarian sedini mungkin

Tips mendaftar beasiswa dan darmasiswa selanjutnya adalah dengan melakukan pencarian sedini mungkin. Pasalnya, program beasiswa akan menetapkan sebuah syarat atau tes tertentu, sehingga Anda diwajibkan untuk bisa menyiapkan diri sebaik mungkin. Dengan melakukan pencarian informasi beasiswa lebih awal, maka Anda akan memiliki lebih banyak waktu dalam melakukan persiapan.

– Perkirakan biaya hidup

Saat mengisi formulir beasiswa, Anda diwajibkan mengisi beberapa data seperti kisaran dana yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan. Untuk itu, pelajarilah biaya hidup dari tempat yang ingin dituju melalaui beberapa blog-blog pribadi mahasiswa, katalog yang disediakan universitas, atau sumber lainnya.

– Personal statement

Personal statement atau pernyataan pribadi merupakan hal yang wajib untuk Anda tulis dan biasanya akan disertakan pada formulir pendaftaran. Tulislah secara menyakinkan mengenai asalan mengapa Anda layak atau berhak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

– Siap untuk wawancara

Tips mendaftar beasiswa dan darmasiswa yang terakhir adalah mempersiapkan diri secara psikologi untuk melalui tes wawancara. Beberapa pihak penyelenggara biasanya melakukan penilaian yang melibatkan presentasi dan wawancara, namun ada juga yang hanya melakukan wawancara saja. Tidak berbeda dengan personal statement, tes wawancara juga memiliki tujuan untuk menilai mengapa beasiswa tersebut layak untuk diberikan kepada Anda dibandingkan dengan kandidat lain.


Leave a Reply