Keunggulan Jurusan Agribisnis dan Gelar yang Didapat Nantinya

0

Keunggulan jurusan agribisnis merupakan salah satu program studi yang mencakup berbagai aspek dari bisnis pertanian dan agrikultural. Dengan bonus demografi Indonesia yang cocok untuk pertanian dan agrikultural membuat potensi ingin sangat bisa di optimalkan.

Nantinya setelah lulus jurusan agribisnis memiliki prospek kerja yang luas, terutama di bidang-bidang yang terkait dengan manajemen pertanian, pemasaran produk pertanian, dan pengembangan produk pertanian.

Jurusan Agribisnis IPA atau IPS? mungkin itu pertanyaan dasar yang banyak dipikirkan bagi sebagian lulusan SMA/MA/SMK. Jadi meskipun jurusan agribisnis merupakan kelompok Saintek / linier IPA akan tetapi bagi kalian yang lulus jurusan IPS juga bisa kok mendaftar jurusan agribisnis, hal ini dikarenakan ada banyak mapel berbau “sosial” nantinya.

Daftar Isi

Keunggulan Jurusan Agribisnis

Ada beberapa keunggulan dari jurusan agribisnis yang bisa kalian ketahui, yang diantaranya:

  1. Dapat membantu mengatasi masalah kelaparan: Jurusan agribisnis dapat membantu mengatasi masalah kelaparan di dunia dengan meningkatkan produktivitas pertanian dan mengembangkan teknik pertanian yang efektif.
  2. Peluang kerja yang luas: Jurusan agribisnis memberikan peluang kerja yang luas, karena sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang penting bagi keberlangsungan hidup manusia.
  3. Kemampuan yang dapat diterapkan di berbagai bidang: Kemampuan yang diperoleh dari jurusan agribisnis dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pengelolaan pertanian, pengelolaan perusahaan pertanian, dan penelitian pertanian.
  4. Dapat membantu mengurangi dampak lingkungan: Jurusan agribisnis dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dengan mengembangkan teknik pertanian yang ramah lingkungan dan mengelola sumber daya alam dengan bijak.
  5. Dapat membantu meningkatkan kualitas hidup: Jurusan agribisnis dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dengan meningkatkan produktivitas pertanian dan memastikan keberlangsungan pasokan makanan yang terjangkau.

Gelar Jurusan Agribisnis

Gelar jurusan agribisnis yang didapatkan nantinya tergantung dengan jenjang yang kalian tempuh nantinya,

No. Nama Program Studi Jenjang Gelar
1 Agribisnis S1 S.P.
2 Agribisnis S2 M.P.
3 Agribisnis S3 Dr.
4 Agribisnis D3 A.Md.P.
5 Agribisnis Hortikultura D4 S.Tr.P.
6 Agribisnis Pangan D4 S.Tr.P.
7 Agribisnis Perikanan D4 S.Tr.Pi.
8 Agribisnis Perkebunan D4 S.Tr.P.
9 Agribisnis Peternakan D4 S.Tr.Pt.
10 Agribisnis Unggas D4 S.Tr.Pt.

Baca juga: Daftar Universitas yang Ada Jurusan Agribisnis dan Akreditasinya

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Bagi kalian yang penasaran nantinya setelah lulus dari jurusan agribisnis bisa berkarir sebagai apa, Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan yang dapat dilamar oleh lulusan jurusan agribisnis diantaranya adalah:

  1. Manajer pertanian: Bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi kegiatan pertanian di perusahaan atau kebun.
  2. Analis pasar pertanian: Menganalisis dan memprediksi tren pasar pertanian, serta memberikan saran strategi pemasaran produk pertanian kepada perusahaan atau petani.
  3. Peneliti pertanian: Melakukan penelitian tentang teknologi pertanian terbaru, serta mengembangkan metode-metode baru untuk meningkatkan produktivitas pertanian.
  4. Konsultan pertanian: Memberikan saran dan solusi kepada perusahaan atau petani tentang cara terbaik untuk mengelola kebun atau perkebunan mereka.
  5. Pemasar produk pertanian: Bertanggung jawab atas pemasaran produk pertanian, termasuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan menjalin hubungan dengan konsumen.
  6. Pengembang produk pertanian: Mencari cara untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian dengan mengembangkan produk-produk baru atau mengubah proses produksi.

Lulusan jurusan agribisnis juga dapat bekerja di lembaga pemerintah atau swasta yang terkait dengan pertanian, seperti dinas pertanian, badan usaha pertanian, atau perusahaan perkebunan. Selain itu, lulusan jurusan agribisnis juga dapat membuka usaha sendiri dibidang pertanian atau agribisnis.

Itu tadi keunggulan jurusan agribisnis, gelar yang didapatkan nantinya, serta prospek kerja dari jurusan ini. Semoga penjelasan singkat diatas cukup membuat terang kalian semua ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.