Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Info Lengkap Beasiswa Dalam Negeri S1 dan S2

Bagi sebagian besar mahasiswa, beasiswa dalam negeri di universitas merupakan salah satu point penting yang harus ada dalam sebuah universitas, dan bila berbicara mengenai beasiswa dalam negeri baik itu beasiswa S1 ataupun beasiswa untuk program S2 biasanya mempunyai porsi tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan universitas/perguruan tinggi di Indonesia.

Secara umum model penyaluran dana beasiswa dalam negeri yang paling umum di beratkan pada pembantuan uang kuliah dan biaya hidup, dan di Indonesia sendiri beasiswa dalam negeri untuk s1 dan beasiswa s2 bervariasi baik dari segi pengelola/pemberi beasiswa ataupun dari segi bantuan beasiswa yang nantinya diterima mahasiswa.

metodologi penelitian

Info Lengkap Beasiswa Dalam Negeri S1 dan S2

BerikutĀ Info Lengkap Beasiswa Dalam Negeri untuk studi S1 dan juga beasiswa untuk studi S2 yang biasanya selalu ada di setiap tahunnya;

1. Beasiswa Bidik Misi

Salah satu jenis beasiswa yang lagi ngetrend saat Ini ialah beasiswa bidik misi, yang merupakan salah satu beasiswa Kemdikbud yang ditujukan bagi siswa kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan tinggi. dimana setiap tahunnya alokasi dana dan kuota penerimaan beasiswa tersebar di seluruh PTN di Indonesia. Beasiswa Bidik Misi dibuka awal Maret untuk jalur undangan, berikutnya awal Mei untuk jalur SNMPTN. Yang perlu anda ketahui disini tidak semua mahasiswa yang keterima di universitas bisa mengikutinya, hanya universitas negeri dan yang ditunjuk oleh kemdikbudlah yang bisa mengikuti seleksi beasiswa bidik misi ini.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan program beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang bertujuan menggaet para calon dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi (PTN/PTS) untuk melanjutkan pendidikannya. Beasiswa Unggulan atau biasa disingkat BU, menyediakan beasiswa studi S2 dan S3 di dalam negeri dan luar negeri. Biasanya, BU mulai ditawarkan awal Maret hingga April.

3. Beasiswa Dikti

Beasiswa satu ini memiliki kemiripan dengan BU. Bedanya pada sasaran dari beasiswa. Beasiswa Dikti ditujukan bagi dosen tetap PTN, dosen DPk, dan dosen tetap PTS. Pada Gelombang 1 lalu, Beasiswa Dikti hanya menyediakan pilihan studi di luar negeri. Pendaftaran secara online dibuka antara Juli hingga Oktober.

4. Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa Djarum Beasiswa Plus selalu rutin digulirkan disetiap tahunnya. Sasarannya adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1. Beasiswa Djarum menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk memberikan beasiswanya. Tahun 2012, beasiswa ini ditawarkan awal April.

5. Beasiswa Sampoerna

Tawaran beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa asal Papua. Ada sekitar 10 beasiswa disediakan pada 2012. Beasiswa Sampoerna mengkhususkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi dan berjiwa kepemimpinan. Beasiswa dibuka sekitar awal Juni.

6. Beasiswa Kemenag

Kementerian Agama juga memiliki penawaran beasiswa sendiri yang ditujukan bagi para dosen dan tenaga kependidikan PTAIN/PTAIS. Beasiswa ini hanya bisa diambil untuk studi di luar negeri mulai jenjang S2 hingga S3. Jika tidak berubah, pengumuman beasiswa Kemenag akan disampaikan Mei.

7. Beasiswa BCA

Jenis beasiswa yang satu ini ditawarkan BCA Finance. Sasarannya juga adalah mahasiswa S1 dan minimal telah menyelesaikan semester 2. yang ditawarkan setiap tahun. Pendaftaran dibuka biasanya sekitar awal September.

8. Beasiswa CIMB

Melalui programnya beasiswa BUTIK-CIMB, beasiswa ini menjaring mahasiswa yang berprofesi sebagai wirausaha muda di masa kuliah. Beasiswa CIMB ditawarkan bagi mahasiswa S1 dan D3. Selain itu, melalui CIMB Group juga disediakan beasiswa S2 dan S3 di luar negeri. Beasiswa CIMB biasanya ditawarkan awal Juni.

9. Beasiswa Guru dan Kepsek

Guru, kepala sekolah, dan pengawas kini juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi. Direktorat P2TK Kemdikbud mengalokasikan beasiswa untuk mereka setiap tahunnya. Beasiswa diberikan secara penuh untuk program S2 yang akan diambil. Biasanya beasiswa jenis ini pendaftaranya dibuka sekitar Maret hingga April.

10. Beasiswa Yayasan/Universitas

Untuk beasiswa jenis ini biasanya paling sering diadakan oleh universitas-universitas swasta, meskipun tidak menutup kemungkinan universitas negeri juga ada. dan biasanya jenis beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa yang sedang studi tidak banyak. Variasi beasiswa, seperti program yang ditawarkan, jenjang kuliah, hingga jumlah beasiswa merupakan kebijakan tersendiri setiap universitas. Penawaran beasiswa jenis ini biasanya bisa dilihat di masing-masing universitas pengelola.

Itulah beberapa jenis beasiswa dalam negeri untuk strata S1 dan juga S2 yang bisa anda coba untuk mendapatkannya, tentunya Anda bisa memilih salah satu jenis bantuan beasiswa diatas jika memenuhi persyaratan-persyaratan untuk masing-masing jenis beasiswa yang tersedia.


Leave a Reply