Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati Perusahaan

Bagi seorang mahasiswa, jurusan yang dipilih saat kuliah tentunya harus berdasarkan minat. Pasalnya, pendidikan memiliki sebuah filosofi dimana seseorang akan merasa lebih termotivasi dalam belajar jika bidang yang dipelajari sesuai dengan minatnya. Namun, selain faktor minat, prospek kerja juga bisa menjadi aspek lain yang menentukan dalam pemilihan jurusan. Nah bagi Anda yang masih bingung untuk memilih jurusan kuliah, mungkin prospek kerja yang kami ulas kali ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Jurusan yang Banyak Diminati Perusahaan

Pada tahun 2013, National Association of Colleges and Employers melakukan penelitian dan menyatakan bahwa dengan kondisi perekonomian yang semakin membaik, maka perusahaan akan berusaha membuka lowongan kerja selebar-lebarnya. Prediksi beberapa pengamat ekonomi mengatakan bahwa akan terjadi peningkatan sebanyak 13 % dalam dunia kerja. Secara khusus, perusahan-perusahaan yang membutuhkan tenaga dari para ahli yang baru lulus dari universitas adalah perusahan yang bergerak di bidang properti, elektronik, komputer, ritel, kimia dan farmasi, keuangan dan perbankan, serta layanan jasa profesinal seperti konsultan asuransi dan manajemen.

Memilih jurusan yang diminati perusahaan

Memilih jurusan yang diminati perusahaan (foto: www.audio-luci-store.it)

– Komputer

Di jaman sekarang, internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Media internet sudah menjadi penunjang kebutuhan manusia baik itu untuk sekedar bersosialisasi, media komunikasi, atau sebagai wadah untuk jual beli. Teknologi juga memiliki peranan penting dalam segala aspek kehidupan manusia, karena berkat teknologi bisa menjadikan mobilitas seseorang mejadi lebih mudah. Teknologi, elektronik, dan komputer memiliki keterkaitan satu sama lain. Lingkungan ini akan selalu mengalami perkembangan yang dinamis dan bergerak secara cepat. Maka tak heran jika bidang ini selalu membutuhkan tenaga kerja yang kreatif dan inovatif sehingga bisa memenuhi tuntutan jaman. Bagi Anda yang termasuk penggemar teknologi, suka melakukan oprek pada komputer, memiliki logika yang baik, serta pola pikir yang kritis, maka bidang komputer merupakan jurusan yang cocok untuk ditekuni.

– Bisnis

Selain komputer, jurusan yang banyak diminati perusahaan adalah bisnis yang meliputi marketing, manajemen, hukum bisnis, atau bisnis internasional. Bisa dikatakan bahwa bisnis merupakan jurusan yang abadi, karena setiap bidang usaha akan memerlukan penerapan dari ilmu bisnis. Tak perduli seberapa hebatnya produk dan ide yang dimiliki, jika tidak bisa diperkenalkan kepada publik, maka tidak akan ada aktivitas jual beli. Disinilah peran dari ilmu bisnis untuk bisa melakukan pemasaran. Selain itu, sebuah usaha juga membutuhkan kemampuan pengelolaan yang baik, baik itu untuk sumber daya manusia, penjualan, hingga strategi pemasaran. Untuk Anda yang memiliki kemampuan berpikir secara cepat, senang melakukan interaksi dengan orang lain, inovatif, persuasif, serta suka dengan dunia bisnis, maka pertimbangkanlah untuk memilih bidang ini.

Hanya saja, dikarenakan kepopuleran dari bidang ini, maka akan semakin banyak pula saingan. Untuk menjadikan Anda sebagai seorang yang lebih kompetitif, perbanyaklah jam terbang dengan mengikuti program magang sehingga Anda bisa memiliki pengalaman kerja yang relevan. Sebuah perusahaan tidak hanya mementingkan nilai akademis, tapi juga keahlian secara praktikal karena perusahaan menginginkan pekerja yang siap dan bisa berbaur dengan orang lain.

– Keuangan

Jurusan yang banyak diminati perusahaan selanjutnya adalah bidang yang berkaitan dengan keuangan seperti akuntansi dan perbankan. Secara umum, sebuah perusahaan akan membutuhkan tenaga ahli untuk menghitung keuangan mereka, perencanaan keuangan, investasi, dan sebagainya. Posisi ini akan memiliki gaji yang lumayan tinggi dibanding dengan bidang lainnya. Nah, untuk Anda yang gemar menghitung, terorganisir, teliti, dan suka melakukan analisa, bisa jadi bidang keuangan merupakan hal yang mengasyikkan untuk Anda.


One Response

Leave a Reply