Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Keunggulan Pendidikan Kejuruan

Belakangan ini, pendidikan kejuruan atau lebih dikenal sebagai pendidikan vokasi semakin populer dikalangan para calon mahasiswa. Bahkan banyak perusahan-perusahan yang lebih memprioritaskan pelamar dari lulusan pendidikan kejuruan ini karena dianggap lebih menguasai keahlian secara praktikal, sehingga lebih siap kerja. Pendidikan kejuruan yang berorientasi dengan skill based sangat menekankan terhadap keahlian praktikal yang memang sangat dibutuhkan agar bisa terjun langsung di dunia kerja. Pada umumnya, sebuah program pendidikan kejuruan akan membahas topik yang sangat spesifik, misalnya program multimedia yang hanya fokus pada character design atau seni kuliner prancis dengan topik patisserie. Selain itu, pendidikan vokasi juga mengharuskan para mahasiswanya untuk magang sebelum program mereka diselesaikan. Hal ini akan semakin menambah jam terbang dan kesiapan dari mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif.

Pendidikan Kejuruan

Pendidikan Kejuruan (DucDigitalCreative Commons Attribution-Share Alike 2.0 Generic License)

Keunggulan Pendidikan Kejuruan

Mahasiswa pendidikan kejuruan lulus dengan gelar diploma, certificate, atau advanced diploma. Gelar yang didapatkan dari program vokasi ini bisa dilanjutkan pada pendidikan tingkat sarjana atau pascasarjana. Untuk durasi, pendidikan kejuruan terbilang sangat bervariasi, ada yang hanya 1 semester hingga beberapa tahun, semuanya tergantung dari jenis program yang dipilih. Ada beberapa keunggulan dari pendidikan yang bersifat kejuruan:

– Lebih praktikal

Bagi Anda yang merasa kelas kuliah membosankan, tidak suka mengerjakan tugas, tidak senang dengan penilaian berbasis ujian, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memilih pendidikan kejuruan. Pendidikan kejuruan akan membawa Anda kepada suasana belajar yang benar-benar berbasis praktikal, sehingga akan lebih banyak praktek daripada teori.

– Banyak pilihan institusi

Berbeda jauh dengan pendidikan gelar sarjana, pendidikan kejuruan hadir dengan menawarkan lebih banyak institusi, baik itu pada level universitas, politeknik, kolese, pusat pelatihan atau badan-badan tertentu yang memiliki spesialisasi untuk menyelenggarakan pendidikan kejuruan.

– Banyak pilihan program

Keunggulan pendidikan kejuruan yang terakhir adalah banyaknya pilihan program sehingga sangat cocok bagi mereka yang sudah yakin dan paham mengenai karirnya. Ada begitu banyak bidang yang disediakan mulai dari teknik otomotif, pariwisata dan perhotelan, pengembangan software, manajemen retail, kuliner, desain interior hingga penata rambut. Dibandingkan dengan universitas yang memiliki topik luas, pendidikan kejuruan lebih ditekankan pada keahlian praktikal yang memang sangat dibutuhkan dalam industri.

***

Itulah beberapa keunggulan pendidikan kejuruan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan pilihan program pendidikan yang akan ditempuh.


Leave a Reply