Hubungi Kami Jika ada saran, pertanyaan, atau lainnya. klik disini

Tips Menghindari Beasiswa Palsu

Dalam upaya untuk menarik minat dari para mahasiswa berbakat, banyak universitas atau perusahaan yang berani untuk memberikan beasiswa dan dermasiswa. Hal ini semakin dipermudah dengan pengaplikasian beasiswa yang saat ini bisa dilakukan secara online. Meskipun semakin mempermudah para pelajar, namun banyak pula pihak tertentu yang justru memanfaatkan kemudahan ini sebagai sebuah langkah penipuan.

Tips Menghindari Beasiswa Palsu

beasiswa SMA

Sebuah data dari US News & World Report mengungkapkan bahwa ada kerugian sekitar 1 juta dolar setiap tahunnya yang dialami oleh Amerika karena penipuan berkedok beasiswa ini. Maka dari itu, para pelajar dituntut agar bisa lebih teliti dalam mengajukan beasiswa berbasis online. Berikut ini beberapa tips mewaspadai beasiswa palsu:

– Mengharuskan Pelamar untuk Membayar

Beasiswa yang dikelola secara resmi tidak akan pernah meminta para calon penerimanya untuk membayar biaya apapun. Untuk itu, berhati-hatilah jika ada program beasiswa yang menghendaki Anda untuk melakukan pembayaran, meskipun hanya sekedar uang pendaftaran. Selain itu, banyak pula program beasiswa palsu yang akan meminta pembayaran sebelum pengajuan aplikasi diproses.

– Logo Situs

Secara umum, situs-situs beasiswa yang palsu akan mencantumkan beberapa logo universitas, institusi, dan bank untuk bisa semakin menegaskan status mereka. Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk mempelajarai apakah logo-logo yang tercantum tersebut merupakan mitra mereka atau bukan. Pastikan pula website tersebut memiliki alamat kontak yang jelas atau memiliki kantor secara fisik.

– Meminta Informasi Keuangan

Tips mewaspadai beasiswa palsu selanjutnya adalah dengan menghindari program yang meminta data-data Anda secara luas. Pada umumnya, beasiswa yang resmi akan meminta beberapa data pribadi, tapi tidak untuk informasi keuangan seperti rekening atau kartu kredit. Jika Anda menemukan lembaran pendaftaran dengan isian data-data keuangan, maka bisa dipastikan bahwa layanan beasiswa tersebut berkedok penipuan.

– Kesempatan istimewa

Biasanya, banyak orang yang menerima email dengan tawaran istimewa untuk sebuah program beasiswa. Jika Anda menemui hal ini, jangan langsung percaya dan sebaiknya lakukanlah penelusuran secara lanjut. Pasalnya, beasiswa merupakan sebuah kesempatan yang ditujukan bagi orang-orang yang memenuhi keriteria tertentu, bukan sebuah keistimewaan.

***

Beasiswa adalah sebuah langkah untuk membangun insan yang cerdas dan kompetitif. Sayangnya, banyak pihak-pihak yang menjadikan hal ini sebagai sebuah tempat untuk meraup keuntungan. Semoga ulasan mengenai tips menghindari beasiswa palsu ini bisa membantu Anda agar lebih selektif dalam menentukan pilihan program beasiswa.


Leave a Reply