Kelebihan Jurusan Psikologi di Universitas

0

Psikologi merupakan salah satu ilmu yang sangat menarik. Ilmu ini tidak hanya ada untuk membantu Anda berkarir tapi juga bisa memberikan banyak keuntungan interpersonal bagi Anda.

Lalu apa saja kemampuan interpersonal yang bisa Anda dapatkan jika belajar psikologi di universitas? Berikut adalah beberapa alasan memilih psikologi.

Membangun pengetahuan

Ketika Anda belajar mengenai psikologi sudah pasti Anda akan belajar mengenai ilmu tersebut. Pengetahuan merupakan hal yang akan membangun pikiran, otak dan juga perilaku manusia. Dengan belajar mengenai psikologi, maka lebih banyak bagian dari diri Anda yang bisa dikembangkan baik secara pola pikir maupun perilaku.

Pada dasarnya ilmu psikologi adalah ilmu untuk mengenal psikis seseorang. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengeset hal-hal terbaik dan mengelola diri. Hal ini kemudian akan terpancar dari pola pikir dan juga cara Anda menghadapi sesuatu.

Lebih mudah mengenali diri

Hal lain yang membuat belajar psikologi sangat bermanfaat adalah karena dengan ilmu ini Anda bisa mengenali diri dengan lebih baik. Mengenali diri Anda sendiri adalah hal yang penting. Karena dengan mengenali diri Anda bisa tahu apa yang baik dan yang buruk untuk Anda.

Anda juga bisa mencoba mengubah hal buruk dan juga mengurangi kekurangan ada dengan mengenali diri dengan baik. Mengenali diri dengan baik juga akan membantu Anda dalam karir Anda.

Entah Anda akan berkarir dalam dunia psikologi atau tidak, hal ini akan sangat membantu Anda. Ketika Anda bekerja di sebuah tempat dan mendapatkan tekanan yang besar, maka mengenali diri akan membantu Anda mengontrol stres. Anda bisa melihat situasi dari sisi profesional dan perspektif yang Anda dapatkan dari pengetahuan psikologi yang sudah Anda dapatkan.

Memahami orang lain

Jika Anda ingin berkarir dalam dunia manajemen manusia, maka kemampuan mengenal karakter orang lain akan sangat terpenting bagi Anda. Dengan belajar mengenai psikologi ini akan lebih mudah bagi Anda untuk :

  • Memilih orang yang tepat untuk sebuah pekerjaan,
  • Menghandle konflik,
  • Mempermudah kolaborasi
  • Dan juga masalah leadership menjadi lebih mudah di handle.

Skill ini tidak hanya akan bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarir dalam dunia manajemen manusia. Bagi Anda yang sering terlibat proyek atau ingin karier Anda lebih cepat melesat memiliki ilmu dalam bidang psikologi akan sangat bermanfaat.

Dengan ilmu ini Anda memahami orang lebih mudah. Ini bisa membantu Anda menghandle kelompok dengan lebih baik dan menciptakan suasana kerja yang lebih baik.

Meningkatkan kemampuan komunikasi

Kemampuan interpersonal lain yang akan Anda dapatkan jika Anda memiliki ilmu dalam bidang psikologi adalah mengenai kemampuan komunikasi Anda. Ilmu psikologi akan membantu Anda untuk menemukan cara komunikasi yang lebih efektif dengan tiap orang yang Anda temui.

Hal inilah yang membuat ilmu psikologi akan bermanfaat di lingkungan manapun Anda berada. Kemampuan ini sesungguhnya tidak mencolok, karena mahasiswa psikologi biasanya akan mendapatkan kemampuan komunikasi yang lebih baik tanpa mereka sadari.

Membantu kemampuan untuk melakukan riset

Riset adalah hal yang penting ketika Anda akan terjun dalam sebuah bidang baru. Terlebih dalam pekerjaan Anda. Kemampuan melakukan riset merupakan hal yang sangat penting baik bagi manajer maupun bagi seorang pekerja. Dalam pekerjaan kemampuan riset ini sangat penting dalam mencari sumber, melakukan evaluasi dan juga membuat kinerja menjadi lebih efektif.

Dengan riset, pekerjaan Anda akan menjadi lebih efektif baik dari segi waktu, tenaga dan hasilnya. Mengapa ini bisa terjadi? Pasalnya dalam pengetahuan psikologi, hal pertama yang membangun ilmu ini adalah melakukan riset. Karena basis pengetahuannya adalah riset, maka setiap mahasiswa yang aktif dalam pembelajaran pasti akan memiliki kemampuan ini.

Membantu berpikir secara kritis

Pemikiran secara kritis adalah hal yang sangat penting dalam membangun karier Anda. Seorang pegawai yang baik akan memiliki kemampuan untuk memberikan ide baru. Ide ini bisa dalam hal penyelesaian masalah atau bisa juga dalam hal ide baru untuk dikembangkan dalam perusahaan.

Kemampuan ini tidak bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Kemampuan untuk berpikir secara kritis ini hanya bisa didapatkan jika Anda terus mengasahnya. Jika seseorang tidak memiliki kemampuan berpikir secara kritis, maka hal ini mungkin akan menjadi masalah.

Sebagai seorang yang belajar dalam hal psikologis, Anda akan diajak untuk mengambil kesimpulan dari teori yang ada. Inilah yang akan membantu Anda untuk selalu berpikir dengan rasional dan kritis mengenai situasi yang ada di sekitar Anda.

Meningkatkan nilai Anda secara keseluruhan

Kelebihan terakhir yang akan Anda dapatkan jika belajar psikologi di universitas seperti Fakultas Psikologi UGM tentunya adalah mengenai gelar yang akan Anda dapatkan. Seseorang yang memiliki gelar akan mendapatkan nilai yang lebih di mata para employer. Apalagi di era sekarang ini dimana Anda akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan jika tidak memiliki gelar di bidang yang Anda kuasai.

Contohnya untuk bisa berkarir di bidang psikologi terutama di perusahaan yang besar akan sulit jika Anda tidak memiliki gelar di bidang psikologi ini. Begitu dengan bidang lainnya. Oleh karena itu, belajar psikologi di universitas akan sangat membantu meningkatkan nilai Anda di mata perusahaan.

Hampir semua ilmu berguna untuk mencari pekerjaan dan juga membangun kemampuan berpikir serta bertindak dalam dunia nyata. Hal-hal ini tentunya hanya akan Anda dapatkan jika Anda belajar dengan serius di tempat yang terbaik. Oleh karena itu, pastikan Anda pilih universitas terbaik untuk belajar psikologi agar semua ilmu dapat dimanfaatkan dengan sempurna.

Leave A Reply

Your email address will not be published.